Marihot Richard Naibaho: DPP PPRNB Bersikap Netral di Pilkada Samosir

DPP PPRNB

topmetro.news – DPP PPRNB (Punguan Pomparan Raja Naibaho, Boru, Bere dan Ibebere) se-Indonesia kembali menegaskan sikap netral di Pilkada Samosir 2020. Penegasan itu disampaikan Sekjen DPP PPRNB Marihot Richard Naibaho ST, Rabu (15/7/2020), saat dihubungi topmetro.news via sambungan WhatsApp.

“Dalam menyikapi masalah Pilkada Samosir saat ini: Punguan Pomparan Raja Naibaho, Boru, Bere dan Ibebere (DPP PPRNB) se-Indonesia tetap bersikap NETRAL. Untuk itu kami memohon dan meminta kepada semua pihak (khususnya Pomparan Raja Naibaho), agar jangan mengeluarkan statemen tentang sikap punguan terhadap pelaksanaan Pilkada di Samosir. Bila pun akan mengeluarkan statemen tentang PPRNB hendaklah dikonsultasikan terlebih dahulu kepada DPP,” urainya.

Richard Naibaho pun menyinggung acara Hari Minggu (12/7/2020), yang disebutnya adalah acara ‘partangiangan’, yang dilaksanakan Raja Sitindaon kepada berenya Pomparan Raja Sonang. Kata dia, acara itu adalah murni acara adat. Dimana seorang ‘bere’ meminta doa restu kepada ‘tulangnya’, agar berhasil pada apa yang dicitakannya.

Sehubungan dengan itu, Raja Sitindaon mengundang dan meminta kepada ‘Bapaknya/Hahana’, Raja Naibaho, dalam hal ini DPP PPRNB, sebagai wadah Punguan Pomparan Raja Naibaho, untuk ikut serta menghadiri acara partangiangan tersebut.

“Gokhon sipaimaon, jou-jou sialuson’. Untuk selanjutnya DPP PPRNB Indonesia meneruskan undangan tersebut kepada DPD PPRNB Samosir agar dapat mensosialisasikan undangan ini kepada setiap ‘sohe si Lima Ompu Pomparan Porhasjapjap’ yang berdomisili di Samosir,” jelas Richard.

Siap Mendoakan

Dia menegaskan, bahwa DPP PPRNB Indonesia siap untuk mendoakan siapa pun bila ada yang meminta, agar sehat sehat dan sukses dengan apa yang dicitakan. “Sebagai orang yang percaya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, baiklah kita berbagi berkat melalui doa dan pengharapan agar apa yang kita kerjakan dan lakukan senantiasa diberkati Tuhan,” katanya.

“Sekali lagi kami nyatakan, bahwa didalam menyikapi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Samosir saat ini, Punguan Pomparan Raja Naibaho, Boru, Bere dan Ibebere tetap bersikap netral. Terima kasih. Tuhan berkati. Salam a/n DPP PPRNB Indonesia, Marihot Richard Naibaho, Sekretaris Jenderal,” sebutnya.

BACA JUGA | Ketum Marga Naibaho: Sekadar Mendoakan Calon, Sah-sah saja

Partangiangan Raja Sitindaon

Sekjen DPP PPRNB Marihot Richard Naibaho ST | topmetro.news

Sedangkan soal pesta partangiangan yang dilakukan Raja Sitindaon, Minggu (12/7/2020) lalu, adalah berawal dari permohonan Pomparan Raja Sonang (DPP Persada) cq Alboinsyah Gultom sebagai ketum. Kepada DPP Raja Sitindaon cq Charles Sitindaon sebagai ketum. Untuk membuat acara partangiangan mendoakan Vandiko Gultom (sebagai Pomparan Raja Sonang) yang akan menjadi ‘parhobas’ di Samosir.

Selanjutnya DPP Raja Sitindaon membuat surat secara resmi mengundang DPP PPRNB yang diterima oleh Sekjen DPP. Untuk selanjutnya dibahas bersama pengurus DPP. Kesimpulannya undangan dihadiri dan diteruskan kepada DPD PPRNB Samosir. DPD PPRNB Samosir pun mengundang seluruh Pomparan Raja Naibaho yang ada di Samosir untuk menghadiri acara tersebut, melalui ‘sohe per sohe’ Naibaho si Lima Ompu.

Acara yang dilaksanakan pada Hari Minggu (12/7/2020), adalah partangiangan untuk mendoakan Vandiko Gultom diridhoi oleh TYMKuasa atas semua rencana sebagai ‘parhobas’ di Samosir. Karena kedatangan Raja Sonang adalah sebagai ‘boru’ kepada ‘hula-hula’ Sitindaon, acara Adat Batak sangat kental mendominasi acara partangiangan itu.

Sebagaimana diatur panitia, acara dimulai dari mengunjungi situs ‘Namboru Naitang’ di Tajur. Lalu mengadakan doa bersama di Tugu Raja Naibaho.
Acara partangiangan dilaksanakan di Tano Ponggol, yakni lahan yang diberikan Naibaho Hutaparik kepada Sitindaon.

Acara dimulai pukul 10.30 WIB, dengan kebaktian bersama yang dipimpin Pdt Demak Simanjuntak dari Kantor Pusat HKBP. Untuk selanjutnya dilakukan acara adat/pemberian ‘dekke’ dan ‘Ulos’ dari Raja Sitindaon, Raja Hutaparik, dan Raja Naibaho secara keseluruhan kepada Vandiko Gultom. Makan bersama, kata sambutan, dan hiburan juga mengisi acara tersebut.

Apresiasi PPRNB

Sambutan dari DPP PPRNB Indonesia diwakili Sekjen DPP Richard Naibaho, mengatakan, sangat mengapresiasi acara yang dilakukan Raja Sitindaon. Acara berjalan tertib dan melihat antusias dari kehadiran peserta acara partangiangan ini yang begitu banyak. Memungkinkan 70 s/d 80 persen kehadiran Pomparan Raja Naibaho, Boru, Bere dan Ibebere di sekitar Pangururan.

Sekjen DPP juga turut mendoakan Vandiko Gultom agar direstui oleh Tuhan dengan apa yang dicita-citakan sebagai ‘parhobas’ di Kabupaten Samosir.

Acara berakhir dan ditutup dengan doa pada pukul 16.00 WIB.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment